4.03.2011

Ingin Membuat Ebook Sederhana, Ini Tipsnya

Bagi seorang blogger ebook sudah barang baru lagi.  Artinya ebook sudah menjadi makanan sehari-hari blogger dalam upaya meningkatkan pengetahuannya tentang dunia blogging. Ebook kata lainnya adalah electronic book. Bahasa Indonesia adalah buku elektronik. Layaknya sebuah buku biasa tapi dibaca melalui media elektronik yaitu komputer. Jika anda searching di google dengan kata kunci ebook, maka anda akan menemukan ratusan juta ebook dengan berbagai jenis, kategori dan berbagai bidangnya sendiri. Sebelum kita kenal komputer atau belum punya komputer, maka book/buku adalah informasi yang dikemas dalam sebuah buku dengan bahan dasarnya adalah kertas. Tapi sekarang dengan kemajuan tehnologi informasi, maka membaca buku bisa melalui komputer dan tidak usah repot membolak balik kertas. Hanya diperlukan kemampuan menyeret pointer dengan mouse ( tikus ) di tangan.
Apakah anda hanya ingin menjadi konsumen atau pembaca ebook orang lain? Tidak inginkah anda membuat ebook sendiri dan menyebarkannya pada orang lain di internet? Jika anda termasuk orang yang memiliki bakat menulis atau sudah bukan hal asing lagi dengan dunia tulis menulis, maka sebaiknya anda memiliki ebook dan menyebarkan pengetahuan anda ke orang lain. Jika anda punya ilmu jangan disimpan dong. Sharing bin bagikan. Tapi apakah membuat ebook itu sulit? Tidak kok. Saya akan kasih tips sederhana untuk membuat ebook sederhana pula. Kalau ebook dengan design yang profesional seperti layaknya ebook yang dibuat oleh para webmaster dan  banyak dijual di internet itu, wah itu bukan bidang saya. Yang ingin saya paparkan kali ini adalah membuat ebook sederhana. Sederhana banget.

Oke kita mulai langkah – langkah untuk membuat ebook sederhana tersebut :
1. Siapkan tulisan anda atau artikel anda. Artikel ditulis di Microsoft Word. Ada khan di komputermu? Ok silahkan buat tulisan anda di Mis Word dan simpan dalam sebuah file tersendiri. Misalnya namanya tips blogging.
2. Silahkan buka http://www.freepdfconvert.com ( dicopy paste aja ya alamat webnya ke browser kesayangan anda ), lalu akan terbuka halaman seperti di bawah ini :
3. Klik pada menu Bowse ( di bawah Source file ) untuk mengambil file yang telah anda simpan tadi namanya tips blogging ( contoh saja ). Tuju file tips blogging lalu klik Open.
4. Pada kolom E-mail address, isi email anda yang valid jika ingin link download ebook yang sudah jadi dikirim ke email. Jika tidak mau dikirim ke email anda, biarkan saja kosong.
5. Klik tombol  Convert Your File. Tunggu proses converting selesai. Jika akses cepat, 5 menit bisa selesai, semuanya tergantung besarnya file. Semakin besar file, maka semakin lama prosesnya.
6. Setelah selesai maka link download langsung tersedia. Silahkan diklik dan disimpan di komputer anda. Ebook yang sudah jadi berbentuk file yang dibungkus ( apa ya istilahnya ) dalam bentuk file zip. Silahkan diextract dulu untuk membukanya.
Bagaimana cara membuat link download sehingga ebook anda bisa didownload oleh teman yang lain? Kalau itu lain waktu saja membahasnya. Semoga ada waktu untuk menuliskannya untuk anda. Untuk mengetahui hasil ebook yang telah saya buat silahkan baca baca lagi posting sebelumnya di sini dan di sini.
Semoga manfaat ya.

http://muktiblog.com/tips-blog/ingin-membuat-ebook-sederhana-ini-tipsnya/comment-page-1#comment-1180

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentarnya agar persaudaraan tetap terjalin. Terimakasih.