9.15.2010

OBAT PENYAKIT DENGKI

Sifat dengki bukan penyakit yang tak bisa diobati. Bak penyakit kanker, untuk menghilangkannya tak bisa dipotong ujungnya saja. Ia harus dipangkas dan dikikis sampai ke akar-akarnya.
Sumber penyakit dengki adalah hati. Karenanya, cara ampuh untuk mengikis dengki adalah dengan membersihkan hati. Di antara hal yang harus dilakukan adalah:


1. Memupuk Keikhlasan 
    Diriwayatkan oleh Zaid bin Tsabit bahwa Rasulullah SAW bersabda, : Ada tiga hal yang bisa     menyebabkan hati seorang mukmin tidak akan dengki. Yaitu, ikhlas beramal, (berani) menasehati pemimpin, tetap berjamaâah dalam barisan kaum muslimin karena doa mereka akan melindungi orang-orang dibelakangnyaâ (HR Ahmad 4/80, Ibnu Majah 230, al-Hakim 1/86-87).

2. Membaca Al-Qurân
Al-Qurân adalah obat dan yang akan membuka tirai penghalang dari Rahmat ALLAH. Firman ALLAH,: Dan KAMI turunkan dari Al-Qurân sesuatu yang menjadi obat dan rahmat bagi orang-orang yang beriman. (QS. Al-Israâ: 82). Juga, ALLAH tegaskan, Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari RABBmu, dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada. (QS. Yunus: 57)

3. Bersedekah
Sedekah seperti penebus. Ia merupakan sarana penyuci jiwa. ALLAH berfirman,: Ambillah zakat dari harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka. (QS.at-Taubah: 103).

4. Sebarkan salam
Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasululllah SAW bersabda, : Demi DZAT yang jiwaku ada digenggaman-NYA, sesungguhnya kalian tidak akan masuk surga hingga kalian beriman. Kalian tidak dikatakan beriman (dengan sempurna) sebelum kalian saling mencintai. Maukah aku tunjukkan suatu perbuatan yang jika kalian lakukan kalian akan saling mencintai? Sebarkanlah salam di antara kalian.(HR. Muslim)

5. Berdoa
Cara inilah yang ditempuh orang-orang shalih yang diabadikan dalam Al-Qurân, " Dan orang-orang yang sesudah meraka berdoa, Ya RABB kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami. Janganlah ENGKAU membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman. Ya RABB kami sesungguhnya ENGKAU Maha Penyantun lagi Maha Penyayang. (QS. Al-Hasyr: 10) ".

Dengan memperhatikan hal di atas, Insya ALLAH kita bisa mengikis dengki yang merupakan penyebab rusaknya jalinan persaudaraan umat Islam. Seiring lenyapnya kedengkian dalam pribadi kaum Muslimin, rasa persaudaraan akan semakin tumbuh, berkembang dan membuahkan karya berguna bagi umat.

Sumber Tulisan:
Sabili edisi No. 5 TH XIII 22 September 2005

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentarnya agar persaudaraan tetap terjalin. Terimakasih.