9.19.2010

Shell Bangun Tangki BBM di Kotabaru Kalsel

Jum'at, 01 Januari 2010 08:13
Kapanlagi.com - Investor bidang perminyakan dan gas PT Shell membangun empat tangki bahan bakar minyak (BBM) di Pulau Laut Barat, Kotabaru, Kalimantan Selatan (Kalsel), dengan kapasitas sekitar 7.200 kiloliter atau setiap tangki sekitar 1.800 kiloliter. 

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kotabaru Akhmad Rivai di Kotabaru, Rabu, mengatakan, pembangunan tangki BBM PT Shell tersebut telah selesai dikerjakan dan kini siap dioperasikan.
"Rencananya akan diresmikan sekitar Maret 2010," katanya menjelaskan.
Pejabat di PT Indonesia Bulk Terminal (IBT) mitra kerja PT Shell, Matius mengungkapkan, semula peresmian dan pengoperasian tangki PT Shell dijadwalkan sekitar November 2009.
Namun karena sesuatu hal, kata dia, terutama pembangunan dermaga cair yang belum selesai mengakibatkan jadwal peresmian menjadi tertunda.
"Salah satu penyebab tertundanya awal pengoperasian tangki BBM tersebut akibat gelombang besar yang menghambat penyelesaian pembangunan jetty (dermaga)," ujar Matius.
Ia menjelaskan, pembangunan empat tangki PT Shell tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan BBM perusahaan tambang PT Adaro Energy.
"Dari empat tangki tersebut sekitar 2-3 tangki hanya untuk memenuhi kebutuhan BBM Adaro, sisanya untuk dipasarkan oleh PT Shell," katanya.
Selama ini, kata Matius, untuk memenuhi kebutuhan BBM tambang Adaro disuplai dari PT Aneka Kimia Raya (AKR).
"Diharapkan dengan pembangunan tangki PT Shell ini Adaro dapat menghemat biaya pembelian BBM. Karena selain masalah harga juga tingginya pengangkutan BBM ke lokasi tambang," kata dia.
Matius menambahkan, pembangunan tangki yang dilakukan PT Shell tersebut hasil dari kerja sama dengan PT IBT dengan pola Build, Operate and Transfer (BOT).
Pola pengembangan dan pengoperasian dilakukan oleh investor/perusahaan yang kemudian pada waktu 15 tahun seluruhnya akan diserahkan kepada PT IBT. (ant/roc)

2 komentar:

  1. semula peresmian dan pengoperasian tangki PT Shell dijadwalkan sekitar November 2009.

    BalasHapus
  2. Apa ne wujud kontribusi PT.Shell kedepannya terhadap masyarakt setmptyg hidup berdmpingan....?
    sy seorang mahsiswa yg tiggl di daerh dstu!
    ada gak bantuan beasiswa untuk pendidikn..?

    ilham risalo

    BalasHapus

Berikan komentarnya agar persaudaraan tetap terjalin. Terimakasih.